1. Guru
memberikan kuis kepada siswa
Guru
memberikan tugas kepada siswa bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa apakah
siswa tersebut masih mengetahui pelajaran matriks atau tidak . adapun soal yang
di berikan adalah :
a) Jika
diketahui matriks A. 1, 5, 7, 5 dan B. 7, 9, 8, 11
tentukan :
·
A+B
·
A-B
·
AxB
2. Guru
memberikan waktu kepada siswa untuk mengerjakan soal tersebut dan menyampaikan
5 orang tercepat yang hanya mendapatkan nilai
3. Ternyata
dari kuis tersebut banyak siswa yang kesulitan mengerjakan soal tersebut . dan
dari 5 orang yang sudah mengerti dijadikan ketua kelompok , dengan tujuan untuk
membantu teman-temannya memahami materi tersebut
4. Guru
menjelaskan materi dengan alat peraga
Alat
peraga yang digunakan guru adalah papan matriks , dengan adanya papan matriks
siswa mudah memahami materi tersebut . adapun penggunaan papan matriks untuk
operasi penjumlahan adalah dengan melihat warna yang sama di matriks A dan di
matriks B . misalkan warna merah pada matriks A dijumlahkan dengan warna merah
di matriks B maka hasil penjumlahan nya adalah warna merah di matriks C
.sedangkan untuk operasi perkalian maka kita menggunakan banyak warna.adapun
cara pemakaiannya adalah pertama lihat warna atas yang terdapat pada matriks A
dan dikalikan warna atas pada matriks B , kemudian hasilnya adalah warna itu
sendiri .
Adapun
gambar alat peraga yang kami gunakan adalah :
Papan matrik untuk operasi penjumlahan dan
pengurangan
Papan matriks untuk operasi perkalian
5.
guru memberikan waktu kepaa siswa untuk
lebih mengerti materi tersebut dibantu dengan masing-masing ketua kelomp ok nya
.
6.
Guru
memanggil 2 orang setiap
kelompok untuk mengerjakan soal di depan
kelas .
Hal
ini dilakukan dengan tujuan apakah siswa sudah mengerti bagaimana cara
pemakaian dari papan matriks tersebut sekaligus untuk memberikan contoh kepada
siswa yang lain bagaimana cara penyelesaian soal dengan menggunakan papan
matriks tersebut
7.
Setelah guru memberikan berbagai
macam contoh mulai dari guru menjelaskan
hingga guru memilih salah seorang anggota dari tiap-tiap kelompok ,maka guru
menganggap siswa sudah paham atas materi
tersebut
8.
Guru memberikan soal kepada
siswa
Hal
ini dilakukan dengan tujuan sudah berapa banyak siswa yang sudah mengerti
dengan penjelasan yang disampaikan tadi
.
0 Comments:
Posting Komentar