PETRIKS




1.      Guru memberikan kuis kepada siswa
Guru memberikan tugas kepada siswa bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa apakah siswa tersebut masih mengetahui pelajaran matriks atau tidak . adapun soal yang di berikan adalah :
a)      Jika diketahui matriks  A. 1, 5, 7, 5 dan B. 7, 9, 8, 11

tentukan :

·         A+B
·         A-B
·         AxB
2.      Guru memberikan waktu kepada siswa untuk mengerjakan soal tersebut dan menyampaikan 5 orang tercepat yang hanya mendapatkan nilai
3.      Ternyata dari kuis tersebut banyak siswa yang kesulitan mengerjakan soal tersebut . dan dari 5 orang yang sudah mengerti dijadikan ketua kelompok , dengan tujuan untuk membantu teman-temannya memahami materi tersebut
4.      Guru menjelaskan materi dengan alat peraga
Alat peraga yang digunakan guru adalah papan matriks , dengan adanya papan matriks siswa mudah memahami materi tersebut . adapun penggunaan papan matriks untuk operasi penjumlahan adalah dengan melihat warna yang sama di matriks A dan di matriks B . misalkan warna merah pada matriks A dijumlahkan dengan warna merah di matriks B maka hasil penjumlahan nya adalah warna merah di matriks C .sedangkan untuk operasi perkalian maka kita menggunakan banyak warna.adapun cara pemakaiannya adalah pertama lihat warna atas yang terdapat pada matriks A dan dikalikan warna atas pada matriks B , kemudian hasilnya adalah warna itu sendiri .


Adapun gambar alat peraga yang kami gunakan adalah :



Papan matrik untuk operasi penjumlahan dan pengurangan


Papan matriks untuk operasi perkalian
5.      guru memberikan waktu kepaa siswa untuk lebih mengerti materi tersebut dibantu dengan masing-masing ketua kelomp ok nya .
6.      Guru  memanggil  2 orang setiap kelompok  untuk mengerjakan soal di depan kelas .
Hal ini dilakukan dengan tujuan apakah siswa sudah mengerti bagaimana cara pemakaian dari papan matriks tersebut sekaligus untuk memberikan contoh kepada siswa yang lain bagaimana cara penyelesaian soal dengan menggunakan papan matriks tersebut
7.      Setelah guru memberikan berbagai macam  contoh mulai dari guru menjelaskan hingga guru memilih salah seorang anggota dari tiap-tiap kelompok ,maka guru menganggap  siswa sudah paham atas materi tersebut
8.      Guru memberikan  soal kepada  siswa
Hal ini dilakukan dengan tujuan sudah berapa banyak siswa yang sudah mengerti dengan penjelasan yang disampaikan  tadi .

0 Comments:

Posting Komentar