“Siapa yang makan kueku?!”
Pagi-pagi para penghuni istana sudah
gempar. Raja dan Ratu akan mengadakan pesta sore ini, sebagai tanda syukur
karena kemarin Pangeran Wira telah terima laporan hasil belajar dan naik kelas.
Koki kerajaan pun membuat kue coklat istimewa untuk pangeran. Kuenya
bertingkat-tingkat dan ukurannya besar. Diatas lapisan coklat yang lembut itu
ada lapisan coklat putih dengan hiasan dari buah ceri dan permen bola manis berwarna-warni,
rasanya sangat lezat! Tapi uh oh… ternyata ada yang memakan kue itu!
Saat ini Detektif Boga sedang
menyelidiki kasus pemakan kue pangeran. Ia berhasil menemukan beberapa
petunjuk, namun sayang asistennya sedang sakit sehingga ia sedikit kerepotan.
Dapatkah kamu membantu Detektif Boga menelusuri petunjuk dan menangkap
pelakunya?
“Siapa yang makan kueku?” adalah
permainan matematika yang melatih anak kelas 3 SD menghitung luas dan keliling.
Begini cara mainnya.
Alat yang dibutuhkan:
Potong kecil karton berwarna
sejumlah soal yang akan diberikan, contoh saya membuat 12 potong kartu. Pada
sisi atas (warna orange) saya membuat soal-soal menghitung luas, sedangkan pada
sisi bawah (warna putih) saya membuat soal menghitung keliling. Tulis “Saya
punya…” diatas soal bagian depan, dan “Siapa yang punya…” diatas soal bagian
belakang.
“Siapa yang punya 10?” – “Saya punya
10!”
Cara bermain:
- Bagikan kartu sampai habis pada semua pemain.
- Permainan dimulai dari orang yang mendapat kartu START. “Saya punya kartu START”. Pemain A membalik kartu dan melihat soal pertama, lalu menghitung keliling persegi panjang dengan sisi 2 dan 3. Keliling = 2 x panjang + 2 x lebar = 2 x 2 + 2 x 3 = 10. Lalu dia berkata “Siapa yang punya 10?”
- Pemain lainnya melihat kartu bagian depan masing2. Pemain B melihat soal salah satu kartunya, yaitu menghitung luas persegi panjang dengan sisi 2 dan 5. Luas = panjang x lebar = 2 x 5 = 10. Dia berkata “Saya punya 10!”. Setelah itu Pemain B membalik kartu dan melihat soal, lalu menghitung keliling persegi dengan sisi 7. Keliling = 4 x sisi = 4 x 7 = 28. Pemain B bertanya “Siapa yang punya 28?”
- Balik lagi ke pemain lainnya menghitung kartu soal luas masing2, permainan dilanjutkan oleh pemain yang mempunyai kartu dengan luas 28. Lanjutkan sampai pemain terakhir membalik kartu dan menemukan kata “SELESAI! Saya menemukan pelakunya!”.
- Pada soal keliling, anak tidak perlu dipaksa menghafal rumus. Biarkan ia mengerti cara menghitung keliling itu semudah menjumlah semua sisi persegi, persegi panjang, maupun segitiga. Bila sudah sering bermain, tanyakan “Gimana ya cara cepat menghitung keliling supaya ngga kebanyakan nambah?”. Anak yg menemukan sendiri rumusnya bisa lebih ingat/hafal untuk seterusnya daripada kita yang memaksakan ia menghafal rumus.
Selamat bermain :)
0 Comments:
Posting Komentar