SOFTWARE MATEMATIKA
A. Pengertian Software
Software
(dalam Wikipedia) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca,
dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan
dengan perangkat keras komputer.
B.
Macam-Macam Software Perangkat
Matematika
Software-software matematika
tersebut diantaranya ilah sebagai berikut:
1. GeoGebra
GeoGebra ialah salah satu software
pembelajaran matematika yang dapat melakukan operasi geometri secara dinamis,
aljabar (berbagai persamaan dan pertidaksamaan) dan juga kalkulus.
2. SPSS
Sama halnya dengan geogebra, softwere
atau plikasi ini juga memiliki fungsi masing-masing. Dan SPSS ini sangat
bermanfaat untuk melakukan analisis-analisis yang melibatkan data statistic
seperti penghitungan mean, median, modus, simpangan rata-rata, regresi, dan
korelasi serahkan saja pada software satu ini.
3. Microsoft
Mathematics 4.0
Aplikasi ini dibuat oleh Microsoft pada
tahun 2010 dan bisa diunduh secara gratis. Dengan aplikasi ini, kita bisa
menyelesaikan soal-soal aritmetika (menentukan KPK, FPB, faktorial, dll),
matriks, integral, diferensial, statistik, permutasi, kombinasi, persamaan,
pertidaksamaan, model matematika, trigonometri, dan beberapa persoalan yang
melibatkan rumus fisika dan kimia.
4.
Autograph
Autograph software adalah sebuah
program yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Autograph memiliki
kemampuan 2D dan 3D untuk topik-topik seperti transformasi, kerucut bagian
vektor, kemiringan, dan turunan. Autograph dapat digunakan untuk mengambar
grafik statistik, fungsi, dan vektor untuk mengubah bentuk
5.
NetConceal
Anonymity Shield 6.7.0.8
HEXelon MAX adalah
kalkulator ilmiah lengkap yang menggabungkan semua perangkat dan informasi yang
diperlukan untuk menyelesaikan operasi dari berbagai cabang matematika, seperti
aljabar atau trigonometri.
Gunakan kalkulator untuk tiga langkah simultan untuk
membatalkan operasi dan Dapatkan itu, tambahkan simbol dari keyboard atau
menggunakan tabel di bawah ini dan menggunakan berbagai sudut dan sistem nomor.
HEXelon MAX terdiri dari sebuah unit converter dan mata uang, menambah sejarah
operasi yang sering digunakan dan dapat bekerja dengan ekspresi matematis dan
menampilkan fungsi, variabel dan konstanta.
Selain software-sofware diatas,
tentunya masih banyak lagi software matematika diantaranya ialah
graphmatica, MAPEL, sage, freemat, speQ mathematic, MATLAB dan sebagainya.
Dengan banyaknya software matematika yang dapat kita download tergantung dengan
apa kebutuhan kita, maka ini akan sangat membantu kita dalam memecahkan
persoalan yang berkaitan dengan pembelajaran matematika.
C. Kriteria
Software Matematika Yang Baik
1. Keunggulan
relatif (relative advantage)
Keunggulan realtif adalah keunggulan
dimana suatu piranti dianggap baik dan unggul dari alat yan lain yang mempunyai
fungis yang sama. Keunggulat tersebut dapat dinilai dari segi ekonomi, prestise
sosial, kenyamanan, kepuasan, akssesibilitas dan lain. Semakin besar keunggulan
tersebut dirasakan oleh pengguna, maka semakin cepat piranti tersebut diadopsi.
2. High
Performance
Software yang baik adalah softwere
yang mempunyai performa yang tinggi. Performa yang tinggi berkaitan dengan
kemampuan sofwere tersebut dalam memproses data yang besar,serta dapat digunakan
oleh beberapa pengguna secara bersamaan. Input data oleh para user dapat
menyebabkan program mengalami kegagalan atau hang. Hal tersebut dapat
mengakibatkan kepercayaan terhadap program menjadi menurun.
3. Mudah
digunakan
Kemudahan penggunaan software matematika
dilihat dari kemudahan dalam menginstal di dalam perangkat seperti computer
atau perangkat IT lainnya, kemudahan mencari menu-menu program, symbol-simbol
program yang mudah dikenali serta tampilan yang memudahnya operasi dari program
tersebut. Program yang baik adalah program yang mempunyai prosedur install yang
mudah, hanya membutuhkan memori yang tidak boros. Pengaturan tata letak dari
manu-menu program sangat baik.
4. Kompatibilitas
(compatibility)
Kompatibilitas adalah kemampuan dari
piranti tesebut yang secara konsisten dapat menjaga nilai-nilai yang berlaku
serta kebutuhan pengguna. Dengan kata lain, selain memenuhi syarat content,
piranti tersebut juga harus menarik minat bagi pemakai. Software matematika
yang dibuat hari memiliki isi tentang konsep, fakta, operasi dan prinsip yang
benar tentang matematika. Kompatibel juga berarti bahwa software yang dibuat
adalah software yang sesuai dengan usia penggunanya.
5. Kompleksitas(complexity)
Kompleksitas adalah deraja kerumitan
dari suatu piranti dalam hal penggunaannya. Semakin kompleks suatu piranti
dalam hal ini piranti lunak maka akan semakin rumit dalam hal penggunaan dan
pengguna akan susah dalam memahami apa yang ditayangkan oleh software tersebut.
6. Kemampuan
diuji cobakan (trialability)
Suatu program yang baik adalah
program yang dapat diujicobakan pada situasi yang berbeda dan pada komunitas
yang banyak. Uji coba dilakukan untuk menunjukkan kepada calon pemakai
keungguan dari program ini. Calon pengguna dapat merasakan bagaimana manfaat dari
progam tersebut, bagaimana kemudahan dalam penggunaan, serta keunggulan dari
program tersebut dari sisi isinya.
D.
Penggunaan Software Dalam
Pembelajaran Matematika
Dalam setiap kegiatan pembelajaran
tentunya guru memerlukan sebuah sarana dan juga prasarana. Dengan berkembangnya
teknologi, hal ini sangat membantu guru dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran.
Dengan menggunakan software dalam
pembelajaran matematika kegiatan pembelajaran dalam dilaksanakan lebih efektif
dan efisien. Guru tidak memerlukan banyak waktu untuk menjelaskan. Penggunaan
software dalam pembelajaran matematika juga dapat lebih memebuat siswa lebih
berperan aktif saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Penggunaan software adalah hal yang
baru dalam kegiatan pembelajaran. Biasanya guru hanya akan memeberikan materi
dengan menjelaskan kedepan kelas, namun dengan penggunaan software ini akan lebih menarik minat belajar siswa.
0 Comments:
Posting Komentar