Bahan
๐บ Kain
flannel
๐บ Pita
๐บ manik-manik
๐บ lem castol
๐บ
kertas
Alat
๐บ Gunting
๐บ
Cuter
๐บ Pensil
๐บ
mistar
2. Cara kerja
1.
Pertama-tama menyiapkan alat dan
bahan.
2. Mengambil kain flannel lalu mengukur
panjang dan lebar dari kain tersebut untuk memperkirakan ukuran dari
tabel-tabel yang akan dibuat. tabel yang akan dibuat ada 45 tabel yang terdiri
dari 36 tabel hasil kali1-9 dan 9 tabel angka 1-9.
3. Setelah mengukur besar dari
tabel-tabel tadi,gunting pita dengan ukuran yang sesuai dengan hasil pengukuran
tadi,lalu mulia menempelkan pita tadi sampai membentuk tabel-tabel.
4. Kemudian mulailah menggunting
angka-angka yang ada pada kedua tabel tadi dan menempelkannya pada tabel-tabel
yang telah dibuat dengan berurutan.
5. Selanjutnya membuat anak permainan.
untuk anak permainan ini ada 4 warna yang digunakan yaitu biru dan pink adalah
warna dari anak permainan pada tabel angka 1-9 selanjutnya warna hijau dan
kuning adalah warna dari anak permainan pada tabel hasil perkalian,untuk warna
biru dan pink masing-masing 1,sedangkan unutk warna hijau dan kuning
masing-masing 18 buah bintang.unutk membuatnya gambar bintang pada kertas lalu
mengguntingnya dn menjadikannya sebagai contoh untuk digambarkan pada kain
flannel kemudian mengguntingnya dan melaminatingnya.
6. Karena anak permainan yang ada
lumayan banyak sehingga dibuatlah kantong/saku sebagai tempat penyimpanan
anak-anak permainan tadi.caranya mengambil sepotong kain flanel lalu
mengukurnya agar menjadi rapi dan menjahitnya pada kain flanel tepatnya
disamping tabel bilangan 1-9
7. Setelah semuanya selesai akan lebih
indah dilihat jika sedikit diberi hiasan sehingga diaturlah manik-manik agar
dapat menambah keindahan dari tabel tersebut.termasuk dengan penulisan nama
alat peraga dan nama pembuat alat peraga.potongan kain flannel yang sisapun
dijadikan hiasan untuk kantong/saku dari alat peraga ini.
3. Hasil
4. Aturan pemainan
a. Kedua pemain menentukan di antara
mereka yang melangkah pertama, misalnya dengan melakukan tos.dan memilih bintang-bintang
mana yang dipunyainya.
b. Pemain yang melangkah pertama
meletakkan bintang biru dan pink pada papan bilangan 1 sampai 9, dan meletakkan
sebuah bintang hijau atau kuning sesuai dangan warna bintang yang dipilih
awalnya pada papan hasil perkalian sesuai dengan hasil perkalian dua bilangan
yang dipilih. Misal, 1 dan 3, hasil perkaliannya adalah 3 (seperti pada Gambar
di bawah)
c. Pemain kedua hanya boleh
memindahkan satu bintang biru atau pink pada angka yang dikehendaki. Misal
pemain kadua memilih bintang pink,maka ia memindahkan bintang pink dari
angka 3 ke angka 5, sehingga sekarang segitiga bintang berada pada angka 1
dan 5, hasil perkaliannya 5. Pemain kedua meletakkan bintang warna kuning
pada angka 5 pada Tabel Hasil Perkalian seperti pada Gambar di bawah.
- Pemain pertama kembali memperoleh giliran menjalankan bintang biru, yaitu memindahkan bintang biru pada angka 1 ke angka 2, sehingga menjadi 2×5 hasil perkaliannya 10, dan meletakkan bintang hijau pada angka 10.selanjutnya pemain kadua memperoleh giliran dan akan bergantian sampai ada yang menang
- Pemenang adalah siswa yang pertama kali bisa menyusun
4 bintang secara berurutan, baik secara horizontal, vertikal, maupun
diagonal.seperti gambar di bawah ini
5. Konsep Matematika Terkait
Dari permainan diatas kita ketahui bersama bahwa terdapat
konsep matematika yang diperlukan untuk membantu kelancaran permainan ini yaitu
perkalian,khususnya perkalian bilangan 1-9.dan juga pemahaman mengenai faktor
bilangan.pemahaman mengenai perkalian dapat membantu proses permainan,asalkan
pemain mengetahuinya maka selanjutnya dapatdi asah saat bermain,pemahaman
menganai factor bilangan pun sangat membantu karena ketika dalam bermain pemain
mengalami kesulitan dalam mengingat perkalian dan menentukan angka mana yang
akan di pakainya maka pemain dapat mencari alternatif lain melalui factor
bilangan.
0 Comments:
Posting Komentar