Permainan Pada Perkalian

1. Alat dan Bahan
Bahan
๐Ÿ”บ Kain flannel
๐Ÿ”บ Pita
๐Ÿ”บ manik-manik
๐Ÿ”บ lem castol
๐Ÿ”บ  kertas
   Alat
๐Ÿ”บ Gunting
๐Ÿ”บ  Cuter
๐Ÿ”บ Pensil
๐Ÿ”บ  mistar

       2. Cara kerja
1.      Pertama-tama menyiapkan alat dan bahan.
2.  Mengambil kain flannel lalu mengukur panjang dan lebar dari kain tersebut untuk memperkirakan ukuran dari tabel-tabel yang akan dibuat. tabel yang akan dibuat ada 45 tabel yang terdiri dari 36 tabel hasil kali1-9 dan 9 tabel angka 1-9.
3.  Setelah mengukur besar dari tabel-tabel tadi,gunting pita dengan ukuran yang sesuai dengan hasil pengukuran tadi,lalu mulia menempelkan pita tadi sampai membentuk tabel-tabel.
4. Kemudian mulailah menggunting angka-angka yang ada pada kedua tabel tadi dan menempelkannya pada tabel-tabel yang telah dibuat dengan berurutan.
5.  Selanjutnya membuat anak permainan. untuk anak permainan ini ada 4 warna yang digunakan yaitu biru dan pink adalah warna dari anak permainan pada tabel angka 1-9 selanjutnya warna hijau dan kuning adalah warna dari anak permainan pada tabel hasil perkalian,untuk warna biru dan pink masing-masing 1,sedangkan unutk warna hijau dan kuning masing-masing 18 buah bintang.unutk membuatnya gambar bintang pada kertas lalu mengguntingnya dn menjadikannya sebagai contoh untuk digambarkan pada kain flannel kemudian mengguntingnya dan melaminatingnya.
6.  Karena anak permainan yang ada lumayan banyak sehingga dibuatlah kantong/saku sebagai tempat penyimpanan anak-anak permainan tadi.caranya mengambil sepotong kain flanel lalu mengukurnya agar menjadi rapi dan menjahitnya pada kain flanel tepatnya disamping tabel bilangan 1-9
7.  Setelah semuanya selesai akan lebih indah dilihat jika sedikit diberi hiasan sehingga diaturlah manik-manik agar dapat menambah keindahan dari tabel tersebut.termasuk dengan penulisan nama alat peraga dan nama pembuat alat peraga.potongan kain flannel yang sisapun dijadikan hiasan untuk kantong/saku dari alat peraga ini.

      3. Hasil

       4. Aturan pemainan 
a. Kedua pemain menentukan di antara mereka yang melangkah pertama, misalnya dengan      melakukan tos.dan memilih bintang-bintang mana yang dipunyainya.
b. Pemain yang melangkah pertama meletakkan bintang biru dan pink pada papan bilangan 1 sampai 9, dan meletakkan sebuah bintang hijau atau kuning sesuai dangan warna bintang yang dipilih awalnya pada papan hasil perkalian sesuai dengan hasil perkalian dua bilangan yang dipilih. Misal, 1 dan 3, hasil perkaliannya adalah 3 (seperti pada Gambar di bawah)
 c. Pemain kedua hanya boleh memindahkan satu bintang biru atau pink pada angka yang dikehendaki. Misal pemain kadua memilih bintang pink,maka ia memindahkan bintang pink dari angka 3 ke angka 5, sehingga sekarang segitiga bintang berada pada angka 1 dan 5, hasil perkaliannya 5. Pemain kedua meletakkan bintang warna kuning pada angka 5 pada Tabel Hasil Perkalian seperti pada Gambar di bawah.


    1. Pemain pertama kembali memperoleh giliran menjalankan bintang biru, yaitu memindahkan bintang biru pada angka 1 ke angka 2, sehingga menjadi 2×5 hasil perkaliannya 10, dan meletakkan bintang hijau pada angka 10.selanjutnya pemain kadua memperoleh giliran dan akan bergantian sampai ada yang menang
    2. Pemenang adalah siswa yang pertama kali bisa menyusun 4 bintang secara berurutan, baik secara horizontal, vertikal, maupun diagonal.seperti gambar di bawah ini


     5.  Konsep Matematika Terkait
Dari permainan diatas kita ketahui bersama bahwa terdapat konsep matematika yang diperlukan untuk membantu kelancaran permainan ini yaitu perkalian,khususnya perkalian bilangan 1-9.dan juga pemahaman mengenai faktor bilangan.pemahaman mengenai perkalian dapat membantu proses permainan,asalkan pemain mengetahuinya maka selanjutnya dapatdi asah saat bermain,pemahaman menganai factor bilangan pun sangat membantu karena ketika dalam bermain pemain mengalami kesulitan dalam mengingat perkalian dan menentukan angka mana yang akan di pakainya maka pemain dapat mencari alternatif lain melalui factor bilangan.

0 Comments:

Posting Komentar