Kebanyakan
siswa apabila ditanya tentang pelajaran ,”pelajaran apa yang kalian anggap
sulit dan selalu menjadi momok pada nilai rapot kalian ?” kebanyakan akan
menjawab MATEMATIKA. Matematika sangat
dikenal sebagai pelajaran yang sulit dan menakutkan. Berikut beberapa penyebab
kesulitan belajar yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika
sebagai berikut :
a. Ketidakmampuan Siswa
Dalam Penguasaan Konsep Secara Benar
Ini banyak dialami oleh siswa yang belum
sampai ke proses berpikir abstraksi, yaitu masih berada dalam taraf berpikir
kongkrit. Siswa baru sampai kepemahaman instrumen (instrumental understanding),
yang hanya tahu contoh-contoh tetapi tidak dapat mendeskripsikannya. Siswa
belum sampai kepemahaman relasi (relational understanding), yang dapat
menjelaskan hubungan antar konsep. Akibatnya siswa semakin mengalami kesulitan
dalam memahami konsep-konsep lainnya yang diturunkan dari konsep yang belum dikuasainya
tadi. Jalan pintasnya ia memberi pengertian sendiri dari konsep-konsep itu, ini
disebut miskonsepsi.
b. Ketidakmampuan Siswa
Menangkap Arti Dari Lambang-Lambang
Siswa hanya dapat menuliskan dan
mengucapkan, sudah tentu siswa tidak dapat menggunakannya. Akibatnya semua
kalimat matematika menjadi tak berarti baginya. Jalan pintasnya, memanipulasi
sekehendaknya lambang-lambang itu.
c.
Ketidakmampuan Siswa Dalam Memahami
Asal-Usulnya Suatu Prinsip
Siswa tahu apa rumusnya dan bagaimana
menggunakannya, tetapi tidak tahu mengapanya. Akibatnya, siswa tidak tahu di
mana atau dalam konteks apa prinsip itu digunakan.
d. Siswa Tidak Lancar
Menggunakan Operasi Dan Prosedur
Ketidaklancaran menggunakan operasi dan
prosedur terdahulu, berpengaruh lagi pada pemahaman prosedur yang berikutnya.
e. Ketidaklengkapan
Pengetahuan
Ketidaklengkapan pengetahuan ini akan
menghambat kemampuannya untuk memecahkan masalah matematika. Sementara itu,
pelajaran terus berlanjut secara berjenjang, jadilah matematika suatu misteri.
Dari uraian tersebut di atas dapat
diketahui penyebab kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal-soal
adalah dikarenakan siswa ketidakmampuan siswa dalam menerima objek langsung
matematika, sehingga menyebabkan siswa tidak dapat menguasai konsep secara
benar, siswa tidak mampu dalam menangkap arti dari lambang-lambang, siswa tidak
mampu dalam memahami asal usul suatu prinsip, dan siswa tidak lancar
menggunakan operasi dan prosedur.
Oleh karena itu diharapkan agar kiranya lebih memperbanyak mengerjakan
soal-soal dan memahami konsep- konsep matematika.
0 Comments:
Posting Komentar