SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN
MENGGUNAKAN PAPAN MATRIKS PADA MATERI MATRIKS
Langka-langka untuk kegiatan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan papan matriks adalah
sebagai berikut
1. Guru
memberikan kuis kepada siswa
Guru
memberikan tugas kepada siswa bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa apakah
siswa tersebut masih mengetahui pelajaran matriks atau tidak . adapun soal yang
di berikan adalah :
a) Jika
diketahui matriks
tentukan :

·
A+B
·
A-B
·
AxB
2. Guru
memberikan waktu kepada siswa untuk mengerjakan soal tersebut dan menyampaikan
5 orang tercepat yang hanya mendapatkan nilai
3. Ternyata
dari kuis tersebut banyak siswa yang kesulitan mengerjakan soal tersebut . dan
dari 5 orang yang sudah mengerti dijadikan ketua kelompok , dengan tujuan untuk
membantu teman-temannya memahami materi tersebut
4. Guru
menjelaskan materi dengan alat peraga
Alat
peraga yang digunakan guru adalah papan matriks , dengan adanya papan matriks
siswa mudah memahami materi tersebut . adapun penggunaan papan matriks untuk
operasi penjumlahan adalah dengan melihat warna yang sama di matriks A dan di
matriks B . misalkan warna merah pada matriks A dijumlahkan dengan warna merah
di matriks B maka hasil penjumlahan nya adalah warna merah di matriks C
.sedangkan untuk operasi perkalian maka kita menggunakan banyak warna.adapun
cara pemakaiannya adalah pertama lihat warna atas yang terdapat pada matriks A
dan dikalikan warna atas pada matriks B , kemudian hasilnya adalah warna itu sendiri
.
5. guru
memberikan waktu kepaa siswa untuk lebih mengerti materi tersebut dibantu
dengan masing-masing ketua kelomp ok nya .
6. Guru memanggil
2 orang setiap kelompok untuk
mengerjakan soal di depan kelas .
Hal
ini dilakukan dengan tujuan apakah siswa sudah mengerti bagaimana cara
pemakaian dari papan matriks tersebut sekaligus untuk memberikan contoh kepada
siswa yang lain bagaimana cara penyelesaian soal dengan menggunakan papan
matriks tersebut
7. Setelah
guru memberikan berbagai macam contoh
mulai dari guru menjelaskan hingga guru memilih salah seorang anggota dari
tiap-tiap kelompok ,maka guru menganggap
siswa sudah paham atas materi tersebut
8. Guru
memberikan soal kepada siswa
Hal
ini dilakukan dengan tujuan sudah berapa banyak siswa yang sudah mengerti
dengan penjelasan yang disampaikan tadi
.
0 Comments:
Posting Komentar