Petualangan si Kereta Baja – Permainan Matematika Menyederhanakan Pecahan




Senin pagi di stasiun kota. Hujan yang turun deras tidak menghambat orang-orang yang ingin naik kereta. Ada para pekerja kantor, ada anak-anak yang mau ke sekolah, ada pedagang yang ingin pergi ke pasar, semua memenuhi antrian loket dan peron stasiun kereta. Pak Masinis berlari-lari kecil di peron lalu loncat ke dalam lokomotif Kereta Baja.
“Fyuh…” Pak Masinis menghela nafas sambil mengelap tetesan air hujan dari keningnya. “Mari kita berangkat, kawan. Penumpang sudah banyak menunggu.”
Tuut… tuut… tuut…
Kereta Baja mulai berangkat dari stasiun untuk mengangkut penumpang. Pak Masinis menepuk panel kemudi dengan ringan.
“Kau tahu, mulai hari ini ada pengumpulan poin untuk memenangkan lomba kereta terbaik. Semoga kita bisa menang ya, kawan.”
Apakah kamu dapat membantu Pak Masinis mengumpulkan poin terbanyak? Petualangan si Kereta Baja adalah permainan matematika untuk melatih anak menyederhanakan pecahan. Berikut cara mainnya.

Alat yang dibutuhkan:
  • 2 buah dadu
  • 2 buah bidak mainan, misal warna merah dan kuning
  • Worksheet Kereta Baja


Cara bermain:
  • Permainan ini lebih seru dimainkan bersama teman (kompetisi), tetapi bisa juga dimainkan sendiri.
  • Mulailah dengan meletakkan kedua bidak di angka 600. Lempar kedua dadu, misal dapat angka 3 dan 5. Jalankan bidak searah jarum jam, bidak merah berjalan sebanyak angka dadu terkecil yang didapat, dan bidak kuning berjalan sebanyak angka dadu terbesar yang didapat. Misal dadu merah jalan 3 langkah dari tempat awal, akan berhenti di angka 540. Lalu bidak kuning jalan 5 langkah dari tempat awal, akan berhenti di angka 180.
  • Pecahan yang harus disederhanakan adalah 180/540 (angka terkecil/angka terbesar). Pemain yang dapat menyederhanakan pecahan tersebut dengan benar dan pertama menjawab akan mendapat 1 poin (tulis di papan tulis / kertas score).
  • Lanjutkan sampai batas waktu yang diinginkan. Pemenangnya adalah yang mendapat poin terbanyak  
 
Misal lemparan dadu dapat angka 3 dan 5. Bidak merah jalan 3 langkah dan berhenti di angka 540, sedangkan bidak kuning jalan 5 langkah dan berhenti di angka 180. Pecahan yang harus disederhanakan adalah 180/540


Tulis pecahan yang akan dan sudah disederhanakan, dan tambahkan score pada pemain yang berhasil menjawab dengan benar. Lanjutkan sampai batas waktu yang diinginkan, pemenangnya adalah yang poinnya terbanyak


0 Comments:

Posting Komentar