Cara Mudah Belajar Trigonometr, Yuk!
Seorang
teman mengeluh kepada saya tentang betapa sulitnya trigonometri. Padahal
menurut saya materi ini sangatlah 'mengasyikan'. Kebetulan pada waktu itu ia
mengalami kesulitan dalam mengubah nilai trigonometri sudut istimewa di
berbagai kuadran. Kalau di itung-itung ada sekitar 48 RUMUS yang harus
dihafalkan. Wah banyak juga ya, saya pun tak sanggup untuk menghafalkan rumus
sebanyak itu.
Balik lagi ke trigonometri. Misal ada contoh seperti ini : sin (270'+A) (A maksudnya alpha dan ' adalah derajat). Kalau liat rumus maka akan sama dengan (-cos A). Lho ko bisa? Ya bisalah karna ini bisa dijelaskan lewat diagram cartesius, cukup pusing memang tuk memahaminya kalau melalui gambar diagram cartesius. Trus misal ada lagi soal : sec (360-A)=??? Maka dengan sangat mudah sy jwb cosec A. Haha...ternyata ada sesuatu yg unik dari ke 48 rumus itu..
Oke saya mau berbagi tips gimana caranya memahami (bkn menghafal) rumus trigonometri sudut berbagai kuadran.
Balik lagi ke trigonometri. Misal ada contoh seperti ini : sin (270'+A) (A maksudnya alpha dan ' adalah derajat). Kalau liat rumus maka akan sama dengan (-cos A). Lho ko bisa? Ya bisalah karna ini bisa dijelaskan lewat diagram cartesius, cukup pusing memang tuk memahaminya kalau melalui gambar diagram cartesius. Trus misal ada lagi soal : sec (360-A)=??? Maka dengan sangat mudah sy jwb cosec A. Haha...ternyata ada sesuatu yg unik dari ke 48 rumus itu..
Oke saya mau berbagi tips gimana caranya memahami (bkn menghafal) rumus trigonometri sudut berbagai kuadran.
PERTAMA
Ingat...Dalam diagram cartesius terbagi menjadi 4 kuadran (kw). Kuadran 1 terletak di kanan atas (X dan Y positif), kuadran 2 terletak di kiri atas (X negatif, Y positif), kuadran 3 terletak di kiri bwh (X dan Y negatif), kuadran 4 terletak di kanan bwh (X positif, Y negatif).
Nah, nilai trigonometri di tiap kuadran itu berbeda-beda (positif atw negatifnya). Di kuadran 1, semua nilai trigonometri adalah positif (+). Di kuadran 2, HANYA sinus (sin) dan kebalikannya (cosinus) yang bernilai positif, yg lainnya negatif. Di kw 3 HANYA tangen (tan) dan cotangen (cot) yg bernilai positif. Dan di kw 4, hanya cosinus (cos) dan secan (sec) yg bernilai positif. Biar gampang inget, dalam bahasa "Jerman" ada kata ASINTOS yg artinya postif. A=All positif (kw 1), SIN=SIN (kw2), T=Tan (kw 3), OS=cos (kw 4).
KEDUA
Jika ada soal seperti ini : sin (90'+A) atau tan (270'+A) (perhatikan angka 90 dan 270 nya). Maka nilai trigonometrinya berubah, yg tdinya sin berubh jd cos (bgitu jg sbaliknya), yg tdnya tan menjdi cot (bgitu jg sbaliknya), n yg tdinya cosec mnjdi sec (bgitu jg sbaliknya).
Lalu, kalo ada soal seperti ini : sin (180'+A) atau tan (360'+A) (perhatikan angka 180 dan 360 nya). Maka nilai trigonometrinya TETAP.
KETIGA
Tiap kuadran punya batas sudut 90'. Kalo lebih sdikit saja berarti sudah masuk ke kuadran lain. Misal ada soal sperti ini : cos (180'+A), maka sudutx ada di kw 3, kalo cos (180'+A) brarti sdutnya ada di kw 2 (A<90 br="">
KEEMPAT
kalo sudah memahami langkah 1,2,3 sy jamin apapun soalnya pasti bisa di jawab.
Contoh :
nilai cos (270'+A)=.....
Sy bantu...pertama, karena (270'+A) berarti ada di kw 4, sdangkan nilai cos di kw 4 adalah POSITIF (ingat ASINTOS). Lalu ada angka (270'+A) artinya cos berubh jd sin. Maka nilai cos (270'+A)=+sin A (cukup ditulils sin A saja).
Lagi... Nilai tan (360'-A)=....
Jwb : itu ada di kw 4, tan di kw 4 negatif, angka (360'-A) berarti tetap tan. Jd jwbannya -tan A. Hahaha...mudah bukan??? Mudah atau tidak tergantung dari banyaknya kita mengerjakan latihan soal.
nilai cos (270'+A)=.....
Sy bantu...pertama, karena (270'+A) berarti ada di kw 4, sdangkan nilai cos di kw 4 adalah POSITIF (ingat ASINTOS). Lalu ada angka (270'+A) artinya cos berubh jd sin. Maka nilai cos (270'+A)=+sin A (cukup ditulils sin A saja).
Lagi... Nilai tan (360'-A)=....
Jwb : itu ada di kw 4, tan di kw 4 negatif, angka (360'-A) berarti tetap tan. Jd jwbannya -tan A. Hahaha...mudah bukan??? Mudah atau tidak tergantung dari banyaknya kita mengerjakan latihan soal.
NB : rumus
bukan untk dihafal tapi untuk dipahami, sbg cntoh dri dulu-skr hanya ada angka
0-9, swaktu kecil kita hanya tau bilangan dr 1-10. Sekarang, apakah anda bisa
mengatakan berapa bil ini : 42.571 ?
Bisa kan??? Pdhal kita tidak menghafalkan angka sampai sebnyk itu, tapi dg memahaminya kita bs menyebutkan nilai suatu bilangan berapa pun digitnya.
Bisa kan??? Pdhal kita tidak menghafalkan angka sampai sebnyk itu, tapi dg memahaminya kita bs menyebutkan nilai suatu bilangan berapa pun digitnya.
0 Comments:
Posting Komentar