Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan
kartu domino pada logaritma
Matematika adalah pelajaran yang terdiri dari angka
, pelajaran yang sudah dipelajari dari tk hingga keperguruan tinggi . tanpa
kita sadari matematika ini sudah kita pelajari sebelum kita dilahirkan hingga
kita meninggal dunia . hal ini karena selain matematika sebagai ilmu yang abstrak matematika juga digunakan dalam
kehidupan sehari-hari, misalkan dalam jual beli .
Matematikan merupakan pelajaran yang sulit dipahami
oleh siswa . oleh karena itu dibutuhkan strategi yang harus digunakan guru
dalam proses pembelajaran matematika . salah satunya adalah menggunakan alat
peraga yaitu kartu domino sebagai alat bantu dalam memahami permasalahan
permasalahan yang ada dalam matematika khususnya pada logaritma . permainan
domino pada awalnya dimainkan oleh bangsa china tahun 1120 masehi yang
dimainkan untuk pesembahan khaisar .
Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat domino
1. Kertas
karton
2. gunting
3. Penggaris
4. Spidol
5. Soal-soal
logaritma
Cara pembuatan :
1. Guntinglah
kertas karton tersebut berbentuk persegi panjang seperti kartu domino
2. Buatlah
garis tengah pada kertas tersebut sehingga ada bagian atas dan bawah
3. Letakanlah
soal-soal tersebut kedalam kartu yang telah dibuat tersebut
Cara bermain
Cara bermain kartu domino pada logaritma ini sama
saja seperti permaianan kartu domino pada dasarnya . hanya saja isi dari kartu
domino itu yang berbeda , misalkan pada kartu domino biasa berisi angka 0-6 ,
sedangkan pada kartu domino logaritma bisa saja berisi log a , angka yang
menyerupai soal atau hasil dari soal tersebut . caranya yaitu :
1. Sediakan
kartu domino yang telah dibuat
2. Dalam
permainan terdapat 3-4 orang
3. Kartu
di acak oleh guru
4. Bagilah
kartu tersebut sama rata kepada
5. Bagi
siswa yang mendapatkan giliran pertama , maka ia harus meletakan soal yang
dipilihnya , misakan log a
6. Bagi
siswa yang mendapatkan giliran kedua maka ia harus mencari hasil dari nilai log
a atau soal yg hasilnya sama dengan log a
7. Apabila
pemain tidak mempunyai kartu yang bisa diturunkan maka bisa bilang pas dan
begitu seterusnya
Setelah melakukan pembelajaran sambil bermain maka
hasilnya siswa memahami matreri tersebut dan hasil nya sangat meningkat
dibandingkan dengan guru menjelaskan materi logaritma tanpa menggunakan alat
peraga .
0 Comments:
Posting Komentar