meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan kartu domino logaritma



Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan kartu domino pada logaritma


Matematika adalah pelajaran yang terdiri dari angka , pelajaran yang sudah dipelajari dari tk hingga keperguruan tinggi . tanpa kita sadari matematika ini sudah kita pelajari sebelum kita dilahirkan hingga kita meninggal dunia . hal ini karena selain matematika sebagai ilmu yang  abstrak matematika juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalkan dalam jual beli .
Matematikan merupakan pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa . oleh karena itu dibutuhkan strategi yang harus digunakan guru dalam proses pembelajaran matematika . salah satunya adalah menggunakan alat peraga yaitu kartu domino sebagai alat bantu dalam memahami permasalahan permasalahan yang ada dalam matematika khususnya pada logaritma . permainan domino pada awalnya dimainkan oleh bangsa china tahun 1120 masehi yang dimainkan untuk pesembahan khaisar .
Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat domino
1.      Kertas karton
2.      gunting
3.      Penggaris
4.      Spidol
5.      Soal-soal logaritma 
Cara pembuatan :
1.      Guntinglah kertas karton tersebut berbentuk persegi panjang seperti kartu domino
2.      Buatlah garis tengah pada kertas tersebut sehingga ada bagian atas dan bawah
3.      Letakanlah soal-soal tersebut kedalam kartu yang telah dibuat tersebut
Cara bermain
Cara bermain kartu domino pada logaritma ini sama saja seperti permaianan kartu domino pada dasarnya . hanya saja isi dari kartu domino itu yang berbeda , misalkan pada kartu domino biasa berisi angka 0-6 , sedangkan pada kartu domino logaritma bisa saja berisi log a , angka yang menyerupai soal atau hasil dari soal tersebut . caranya yaitu :
1.      Sediakan kartu domino yang telah dibuat
2.      Dalam permainan terdapat 3-4 orang
3.      Kartu di acak oleh guru
4.      Bagilah kartu tersebut sama rata kepada
5.      Bagi siswa yang mendapatkan giliran pertama , maka ia harus meletakan soal yang dipilihnya , misakan log a
6.      Bagi siswa yang mendapatkan giliran kedua maka ia harus mencari hasil dari nilai log a atau soal yg hasilnya sama dengan log a
7.      Apabila pemain tidak mempunyai kartu yang bisa diturunkan maka bisa bilang pas dan begitu seterusnya
Setelah melakukan pembelajaran sambil bermain maka hasilnya siswa memahami matreri tersebut dan hasil nya sangat meningkat dibandingkan dengan guru menjelaskan materi logaritma tanpa menggunakan alat peraga .

0 Comments:

Posting Komentar