![]() |
Psikologi pendidikan terdiri dari kata psikologi dan
pendidikan. Psikologi berasal dari
kata psyche
yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Jadi secara harfiah psikologi
berarti ilmu
tentang jiwa atau ilmu jiwa.
Maka psikologi merupakan kajian ilmiah mengenai
tingkah laku dan proses mental. Sedangkan psikologi pendidikan adalah cabang
psikologi yang khusus mempelajari aktivitas-aktivitas atau tingkah laku
manusiadan proses mental yang terjadi dalam proses pendidikan.
Sehingga dengan
adanya ilmu psikologi pendidikan, maka akan membantu kegiatan
belajar
mengajar menjadi lancar dan sesuai dengan tujuan.
Guru akan memahami dan tahu bagaimana
cara mendidik siswa-siswinya sesuai dengan tahap perkembangannya. Sebagaimana
yang terjadi sebelum ilmu psikologi memasuki dunia pendidikan, orang beranggapan
bahwa penguasaan mengenai bahan pelajaran yang akan diberikan kepadaanak didik
merupakan satu-satunya syarat yang harus dipenuhi bagi guru termasuk calon guru.
Akan tetapi dengan terjadinya perkembangan yang luas dalam dunia ilmu
pengetahuan
psikologi pada umumnya dan psikologi anak khususnya,adalah disebabkanoleh
adanya penyelidikan yang bersifat empiris eksperimental, makaanggapan di atas
mulai berubah.
Perubahan itu mulai timbul pada abad ke-19, orang mulai
menyadari dan menginsyapi
bahwa
pengetahuan secara mendalam mengenai mata pelajaran yang diberikan belum
cukup untuk
menjadi guru yang baik. Di samping itu, juga dibutuhkan pengetahuan-
pengetahuan
pelengkap untuk menyiapkan guru secara profesional, pendapat baru itu
makin lama
makin luas pengaruhnya sehingga dalam abad ke-20 ini negara-negara yangmaju
telah mendidik tenaga-tenaga ahli yang khusus untuk jabatan guru.
0 Comments:
Posting Komentar