FUNGSI
DAN PERAN MATEMATIKA
Fungsi
dari Matematika adalah mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur, menurunkan
dan menggunakan rumus-rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan
sehari-hari. Fungsi lain dari matematika adalah mengembangkan kemampuan
mengkomunikasikan gagasan melalui model matematika dimana hal ini dapat berupa
kalimat matematika dan persamaan matematika, diagram, grafik atau tabel.
Arah pembelajaran matematika di sekolah adalah pada
pencapaian standar kompetensi dasar oleh siswa. Kegiatan pembelajaran
matematika tidak berorientasi pada penguasaan materi matematika semata, tetapi
materi matematika diposisikan sebagai alat dan sarana siswa untuk mencapai
kompetensi. Oleh karena itu, ruang lingkup mata pelajaran matematika yang
dipelajari di sekolah disesuaikan dengan kompetensi yang harus dicapai siswa.
Standar kompetensi matematika merupakan seperangkat
kompetensi matematika yang dibakukan dan harus ditunjukkan oleh siswa sebagai
hasil belajarnya dalam mata pelajaran matematika. Standar ini dirinci dalam
kompetensi dasar, indikator, dan materi pokok, untuk setiap aspek-aspeknya.
Pengorganisasian dan pengelompokan materi pada aspek-aspek tersebut didasarkan menurut
kemahiran atau kecakapan yang hendak ingin di capai.
Merujuk pada standar kompetensi dan kompetensi dasar
yang harus dicapai siswa maka ruang lingkup materi matematika adalah aljabar,
pengukuran dan geomerti, peluang dan statistik, trigonometri, serta kalkulus. Kompetensi
aljabar ditekankan pada kemampuan melakukan dan menggunakan operasi hitung pada
persamaan, pertidaksamaan dan fungsi. Pengukuran dan geometri ditekankan
pada kemampuan menggunakan sifat dan aturan dalam menentukan porsi, jarak,
sudut, volum, dan tranfrormasi. Peluang dan statistika ditekankan pada
menyajikan dan meringkas data dengan berbagai cara. Trigonometri
ditekankan pada menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas
trigonometri. Kalkulus ditekankan pada mengunakam konsep limit laju
perubahan fungsi
Dalam pembelajaran
matematika itu selain untuk meningkatkan kemampuan berpikir matematis atau aspek
kognitif pada siswa, juga harus pula
memperhatikan aspek afektif siswa, yaitu disposisi matematis. Pembelajaran
matematika di kelas haruslah dirancang khusus sehingga selain hanya dapat meningkatkan
prestasi belajar siswa tetapi juga dapat meningkatkan
disposisi matematis siswa juga.
0 Comments:
Posting Komentar