pelajaran matematika dengan objek abstrak



Pelajaran matematika dengan objek yang bersifat abstrak .

Pembelajaran matematika adalah suatu proses yang diselenggarakan oleh gru untuk membelajarkan siswa guna memperoleh ilmu pengetahuan dan keterampilan matematika . suatu proses pembelajaran yang dmaksud adalah suatu kegiatan yang dilakukan guru untuk menciptakan situasi agar siswa belajar dengan menggunakan model-model pembelajaran penemuan terbintang .
Sedangkan matematika adalah sebuah ilmu dengan objek kajian yang berifat abstrak . dalam bahasa indonesia “ abstrak “ diartikan sebagai suatu yang tak berwujudatau hanya gambaran pikiran . maka ari penjelasan tersebut adalah suatu yang abstrak ,tidak berwujud bentuk kongkret atau nyata ,hanya dapat dibayangkan dalam pikiran saja . sehingga matematika disebut abstrak
Contoh sederhana yang mengiustrasikan keabstrakan objek kajian matematika salah satunya dapat ditemukan pada konsep bilangan dan bangun datar . hal ini sangatb kontras dengan alam pikiran kebnaykana siswa yang terbiasa berpikir tentang objek-objek yang kongkret . oleh karena itu ,konsep-konsep matematika yang abstak tidak dapat  ditransfer begitu saja dalam bentuk kumpulan informasi kepada siswa .
Objek matematika yang bersifat abstak , maka belajar matematika memerlukan daya nalar yang tinggi. Demikian pula dengan belajar matematika guru harus mampu mengabstraksikan obyek-obyek matematika dengan baik sehingga siswa dapat memehami obyek matematika yang diajarkan .karena objek matematika tersebut bersigfat abstrak maka materi matematika disusun secara hirarkis ,dan cara penalaran matematika adalah deduktif.
Materi matematika disusun secara hierarkis artinya suatu topik matematika akan merupakan prasyarat bagi topik berikutnya . oleh karena itu untuk mempelajari suatu topik matematika yang baru , pengalaman belajar yang lalu dari seseorang akan mempengaruhi proses belajar mengajar matematika tersebut. Oleh karena itu guru harus mengidentifikasikan materi yang menjadi prasyarat suatu topik mata pelajaran matematika .

0 Comments:

Posting Komentar