MODEL – MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA
• Mengetahui apa itu model pembelajaran Langsung(Direct Instruction), Model Pembelajaran Kooperatif, dan Model Pembelajaran Snowball Throwing
Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan pada semua jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah, sampai sekolah tinggi. Akan tetapi, sampai saat ini matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit bagi sebagian besar siswa. Hal ini terlihat dari masih rendahnya prestasi belajar matematika. Selama ini masih banyak guru yang mengajar masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah dimana guru dianggap sebagai sumber ilmu yang mempunyai peranan sangat penting di dalam kelas dan dalam kelas guru hanya menyampaikan materi dan memberikan contoh soal. Untuk mengatasi permasalahan seperti itu, salah satu alternatif penyelesaiannya adalah dengan menggunkan model-model pembelajaran matematika, diantaranya yaitu :
• MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INTRUCTION)
Pengajaran Langsung merupakan suatu model pengajaran yang sebenarnya bersifat teacher center. Dalam menerapkan model pengajaran langsung guru harus mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan yang akan dilatihkan kepada siswa secara langkah demi langkah. Karena dalam pembelajaran peran guru sangat dominan, maka guru dituntut agar dapat menjadi seorang model yang menarik bagi siswa. Pada model pembelajaran langsung terdapat lima fase yang sangat penting. Guru mengawali pelajaran dengan pekerjaan tentang tujuan dan latar belakang pembelajaran, serta mempersiapkan siswa untuk menerima penjelasan guru.
Fase persiapan dan motivasi ini kemudian diikuti oleh presentasi materi ajar yang diajarkan atau demonstrasi tentang keterampilan tertentu. Pelajaran ini termasuk juga pemberian kesempatan kepada siswa untuk melakukan pelatihan dan pemberian umpan balik terhadap keberhasilan siswa. Pada fase pelatihan dan pemberian umpan balik tertentu, guru perlu selalu mencoba memberikan kesempatan kepada siswa untuk menerapkan pengetahuan atau keterampilan yang dipelajari kedalam situasi kehidupan nyata.
Pengajaran langsung memerlukan perencanaan dan pelaksanaan yang sangat hati-hati di pihak guru. Agar efektif, pengajaran langsung mensyaratkan tiap detil keterampilan atau isi didefinisikan secara seksama. Demonstrasi dan jadwal pelatihan juga harus direncanakan dan dilaksanakan secara seksama.
• MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan penting pembelajaran, yaitu hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman, dan pengembangan keterampilan sosial (Ibrahim, dkk, 2000:7). Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok, siswa dalam satu kelas dijadikan kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4 sampai 5 orang untuk memahami konsep yang difasilitasi oleh guru.
Model pembelajaran kooperatif dibatasi sebagai lingkungan belajar dimana siswa bekerja sama dalam suatu kelompok kecil yang kemampuannya berbeda-beda untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik. Pembelajaran kooperatif dapat diartikan sebagai model pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa dalam kelompok kecil, mempelajari materi pelajaran dan mengerjakan tugas.
• Model Pembelajaran Snowball Throwing
Melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain, dan menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok. Lemparan pertanyaan tidak menggunakan tongkat seperti model pembelajaran Talking Stik akan tetapi menggunakan kertas berisi pertanyaan yang diremas menjadi sebuah bola kertas lalu dilempar-lemparkan kepada siswa lain. Siswa yang mendapat bola kertas lalu membuka dan menjawab pertanyaannya. Langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut :
1. Guru menyampaikan pengantar materi yang akan disajikan, dan KD yang ingin dicapai.
2. Guru membentuk siswa berkelompok, lalu memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi.
3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya.
4. Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5. Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit.
6. Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
Popular Posts
-
1. Himpunan Kosong Himpunan kosong adalah himpunan yang tidak mempunyai anggota. Himpunan kosong dinotasikan dengan { } atau ...
-
PENERAPAN ALJABAR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI Aljabar adalah salah satu cabang matematika yang mempelajari tentang pemecahan masalah meng...
-
SUDUT DAN GARIS Sudut & garis merupakan dua komponen penting yang dibutuhkan untuk membuat sebuah bangun dan secara alami terda...
Recent Posts
Categories
Ade Priyanti Blog
Ade Siahaan Blog
Alamat Blog
alat
Alat peraga matematika
Bilangan
Bilangan Bulat dan Operasi Matematikanya
Biografi
DOWNLOAD
e-learning
Fakta
Fakta Matematika yang tak nyata
Fun Math
Game matematika
hari blog
HITUNGAN CEPAT
husein
Limit
logika
matematika
Matematikawan
MATERI
Math Game
Math phobia
Media Pembelajaran
Memahami Matematika
Mencintai matematika
Menghapal Matematika
metode
MOTIVASI
operasi matematika
penemu matematika islam
permainan matematika
Persahabatan bagaikan matematika
puisi matematika
Quiz matematika
RPP
RUMUS
Rumus-rumus
sejarah aljabar
Sejarah Mtematika
sejarah program linier
software
tahap belajar matematika
Teka - teki
The Garden of Cosmic Speculation
The one and only
Tips Matematika menyenangkan
tips mencintai matematika
Tokoh matematika
tukang makan blog
V-A-SORE
Viral Matematika
Pages
Blog Archive
- Juni 2021 (1)
- Mei 2021 (3)
- April 2021 (1)
- Maret 2021 (1)
- Januari 2018 (284)
- Desember 2017 (135)
- Desember 2015 (9)
- November 2015 (39)
- April 2008 (1)
Diberdayakan oleh Blogger.
Ad Code
Follow Us
Ad Code
Link List
Kontributor
- A A Manurung
- Ade Priyanti
- Arum Ndari. T. A
- Asrar's Blog
- Belajar Matematika
- Elpa Rianti Saragi
- Ira Yusma
- Jurini Febriana
- Khairunnisa Harahap
- MATEMATIKA ISTIMEWA
- MatematicLoverblogger
- Matematika Unik
- Minat Matematika
- Nurul aulia
- Pemuda Indonesia Blogger
- SHERLY AGUSTIA (@sherlyagstiaa)
- Tukang makan
- Unknown
- Unknown
- Unknown
- Unknown
- Unknown
- Unknown
- Unknown
- Unknown
- Unknown
- Unknown
- Unknown
- Unknown
- Unknown
- Unknown
- Unknown
- artikel
- cerdas matematika
- gemar matematika
- matematikareal
- smartmath
- supermath
- syaiful rizqy
- tentang matematika
Search This Blog
No Thumbnail Image
Categories
Recent Posts
Featured Coupons
recent/hot-posts

0 Comments:
Posting Komentar