Bagaimana Cara Pemecahan Masalah Matematika ?



Hasil gambar untuk matematika

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar kehidupan kita adalah berhadapan dengan masalah yang datang silih berganti menuntut kearifan kita dalam menghadapi dan menyelesaikannya. Langkah-langkah yang perlu diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut seyogyanya di manage sedemikian rupa sehingga dapat menyelesaikan masalah secara efektif.
Demkian pula dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan matematika diperlukan strategi yang terintegrasi dalam kegiatan belajar mengajar Keterampilan memecahkan masalah harus dimiliki siswa, keterampilan tersebut akan dimiliki para siswa bila guru mengajarkan bagaimana memecahkan masalah yang efektif kepada siswa.
Perlu dipahami bahwa suatu suatu pertanyaan yang dianggap masalah oleh seorang siswa belum tentu merupakan masalah bagi siswa yang lainnya demikian pula suatu pertanyaan dianggap masalah oleh seorang siswa pada saat ini belum tentu dianggap masalah dalam waktu yang lain bila siswa tersebut sudah mengetahui cara atau proses mendapatkan penyelesaian masalah tersebut.
Jelas kiranya, syarat suatu masalah bagi seorang siswa adalah sebagai berikut :
  1. Pertanyaan yang dihadapkan kepada seorang siswa haruslah dapat dimengerti oleh siswa tersebut, namun pertanyaan itu harus merupakan tantangan baginya untuk menjawabnya. 
  2. Pertanyaan tersebut tidak dapat dijawab dengan prosedur rutin yang telah diketahui siswa. Karena itu, faktor waktu untuk menyelesaikan masalah janganlah dipandang sebagai hal yang esensial. Dalam pengajaran matematika, pertanyaan yang dihadapkan kepada siswa biasanya disebut soal.
Adalah Geolge Polya seorang matematikawan paling berpengaruh pada abad 20 mengartikan pemecahan masalah sebagai satu usaha mencari jalan keluar dari satu kesulitan guna mencapai satu tujuan yang tidak begitu mudah segera untuk dicapai. Dalam bukunya buku How to solve it. Disebutkan ada beberapa tahapan untuk menyelesaikan problem, yaitu:
  1. Memahami problem, Problem apa yang dihadapi? Bagaimana kondisi dan datanya? Bagaimana memilah kondisi-kondisi tersebut? 
  2. Menyusun rencana, Menemkan hubungan antara data dengan hal-hal yang belum diketahui. Apakah pernah problem yang mirip? 
  3. Melaksanakan rencana, Menjalankan rencana guna menemukan solusi, periksa setiap langkah dengan seksama untuk membuktikan bahwa cara itu benar. 
  4. Menengok ke belakang, Melakukan penilaian terhadap solusi yang didapat. 
Keempat tahapan ini lebih dikenal dengan See (memahami problem), Plan (menyusun rencana), Do (melaksanakan rencana) dan Check (menguji jawaban),
Dalam rangka mengajarkan strategi pemecahan masalah, siswa harus mendapatkan kesempatan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tugas guru adalah memberikan masalh yang tepat agar para siswa tertarik dan suka menyelesaikan masalah yang dihadapi. Guru harus mempunyai database masalah yang dapat diambil dari berbagai sumber namun pada saat tertentu siswa diperbolehkan memilih masalahnya sendiri dan menyelesaikannya secara individu maupun secara berkelompok. 
Untuk dapat mengajarkan pemecahan masalah dengan baik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  1. Waktu yang diperlukan, untuk menyelesikan masalah sangat relatif artinya jika seorang siswa diperhadapkan dengan satu masalah tanpa ada batasan waktu dalam menyelesaikannya, maka kecenderungan, siswa tersebut tidak akan berkonsentrasi secara penuh pada proses penyelesaian masalah yang diberikan. 
  2. Perencanaan, aktivitas pembelajaran dan waktu yang diperlukan harus direncanakan serta dikoordinasikan, sehingga siswa memiliki kesempatan yang cukup untuk menyelesaikan berbagai masalah dan menganalisis serta mendiskusikan pendekatan yang mereka pilih. 
  3. Sumber, buku matematika biasanya banyak memuat masalah yang sifatnya hanya rutin, maka guru dituntut untu menyembunyikan masalah-masalah lain sehingga dapat menambah soal pemecahan masalah. 
  4. Teknologi, sekalipun banyak kalangan yang tidak setuju dengan penggunaan kalkulator disekolah akan tetapi pada hal tertentu dapat digunakan, karena alat tersebut perlu dipertimbangkan penggunaannya.

0 Comments:

Posting Komentar